
Teknik Pembelajaran Abad 21 – Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap sulit dijalani karena Sebagai guru yang yang berada pada era sekarang yang dituntut memiliki pembaharuan dalam segala hal termasuk dalam hal teknik mengajar ada baiknya kita berbagi teknik mengajar yang digunakan guru masa kini. sebelumnya admin ingin menjelaskan sedikit tentang pengertian teknik mengajar.
Adapun teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Berikut kami bagikan 11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini (pembelajaranabad 21 ) melalui tulisan dibawah. Selamat membaca



Siswa merasa bangga dan dihargai ketika dia memanggil atau bertanya kepada guru dan mendapat perlakuan atau feedback yang baik dari seorang guru, dengan adanya tanggapan dari guru siswa akan merasa diperhatikan dan terpacu untuk menanyakan hal baru kepada guru.
Sebagai seorang guru haruslah menjadi pendengar dan mesin penjawab yang baik bagi siswa

Bukan hanya bertanya dalam ruang lingkup pembelajaran, seorang guru juga boleh bertanya mengenai keadaan siswa agar terjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa.

Seorang guru dituntut untuk selalu update dan mengetahui pembaharuan ilmu pengetahuan yang sedang berkembang sekarang. Sehingga pengetahuan siswa semakin berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.
Berbagi ilmu merupakan tugas utama bagi seorang guru namun berbagi pengalaman dan solusi dari permasalahan hidup juga diperbolehkan selama itu mampu membentuk karakter baik bagi siswa. artinya selain mencerdaskan otak siswa seorang guru juga mampu membentuk karakter baik dari seorang siswa.


Hal yang sering dilakukan siswa ketika mereka tidak paham dengan suatu materi adalah dengan diam atau bahkan meninggalkan materi yang mereka anggap sulit dipahami. Inilah pentingnya seorang guru mengetahui materi-materi pembelajaran yang dianggap sulit dan sulit dipahami oleh siswa. seorang guru tidak boleh segan menanyakan kepahaman siswa terhadap suatu materi dan para siswa diharapkan tidak takut mengakui ketidakpahaman mereka pada materi yang sulit.
Mengulangi materi pembelajaran yang sulit sampai semua siswa memahami mater sulit tersebut merupakan solusi terbaik dari permasaahan ini. Seperti yang dibahas sebelumnya antara siswa dan guru haruslah saling memahami, terbuka, bertanya dan sharing agar ketika terdapat permasalahan bisa diselesaikan dengan berbagai solusi dan proses pembelajaran berjalan baik.
Trik diskusi adalah salah satu teknik yang sering digunakan oleh guru untuk menguji kemampuan verba siswa sekaligus menimbulkan rasa percaya diri siswa untuk tampil di depan kelas. Teknik ini cukup ampuh untuk memancing bakat terpendam yang dimiliki oleh siswa. pada awalnya siswa akan sangat malu untuk tampil dan mengekplor kecerdasannya namun seiring berjalannya diskusi siswa akan terbiasa tampil dan berbicara di khalayak ramai, dengan timbulnya rasa percaya diri siswa tidak akan ragu-ragu lagi untuk memperlihatkan kemampuannya dalam segala hal.
Diskusi kelas bukan hanya kegiatan berdikusi antara beberapa siswa dalam satu kelompok namun pada akhirnya akan mempresentasikannya di depan kelas bahkan di depan semua siswa di sekolah. Bukan hanya berdiskusi satu bahasan mata pelajaran dalam bentuk materi yang akan ditampilkan dalam bentuk slide powerpoint namun dalam hal praktek misalnya seni, olahraga, bahkan strory telling hal ini juga bisa diterapkan.
Seorang guru yang katanya adalah supersmart karena guru dituntut cerdas dan mengetahui segala hal yang ditanyakan siswa tentang ilmu pengetahuan, selain itu seorang guru juga harus menjadi superangel yang selalu memberikan contoh baik, nasehat baik hingga motivasi-motivasi super untuk membentuk karakter baik pada siswa di sela-sela waktu belajar atau proses pembelajaran berlangsung.
Hal ini bukan disebut tugas tambahan melainkan tugas utama seorang guru karena sangat sulit sekali mendekati siswa yang secara mental sulit untuk diubah sifat buruk siswa. sebagai sorang guru harus menyentuh hati siswa terlebih dahulu sebelum menyentuh otaknya, menundukkan tabiat buruk siswa dahulu baru menundukkan pikiran siswa. ketika tabiat buruk dan hati siswa telah berubah menjadi baik kemungkinan besar proses pembelajaran akan berjalan lancar.
7 Karakter Guru Hebat
Sahabat guru, dikutip dari artikel kompasiana Guru yang berkualitas akan memiliki karakter yang baik, yang mana perilakunya dapat ditiru oleh peserta didik. nah berikut ini adalah tujuh karakter guru hebat yang bisa kami tuliskan.
- Mampu melaksanakan tugas keprofesian, shg menjadi guru yg memesona;
- Mampu merumuskan indikator pencapaian kompetensi yg HOTS;
- Menguasai materi ajar yg bermakna (what, why, how);
- Mampu merancang pembelajaran yg mengintegrasikan TIK;
- Mampu menerapkan pemanfaatan TIK dlm pembelajaran, shg siswa memiliki keterampilan 4C;
- Bisa mengevaluasi masukan, proses, & hasil belajar (meningkatkan pembelajaran berdasarkan hasil penilaian);
- Dapat menjadi guru yg terus mengembangkan diri secara berkelanjutan (spt melalui penelitian, mencari inovasi baru, dsb). (Sumber: Dr. Praptono, M.Ed (Direktur PG Dikdas)
Demikian 11 Teknik mengajar guru masa kini yang bisa kami tuliskan melalui blog pendidikan ini. Semoga bermanfaat
Sumber : https://www.guru-id.com/2017/03/11-teknik-mengajar-guru-masa-kini.html?m=1